Rabu, 04 Mei 2011

Kota Terkaya di AS



Bila ingin merasakan kekuatan ekonomi Amerika Serikat yang sebenarnya, lihatlah Kota Falls Church, di negara bagian Virginia. Kota yang letaknya hanya 10 kilometer dari Washington DC ini telah bertahun-tahun menjadi pilihan tinggal keluarga kaya raya.

Jumlah penduduk kota ini hanya 12.330 jiwa. Namun, pendapatan rata-rata rumah tangganya mencapai US$113.313 atau sekitar Rp1,02 miliar per tahun. Tak heran bila wilayah ini banyak menawarkan berbagai fasilitas mewah, termasuk sekolah-sekolah bagus.

“Hal ini menunjukkan bahwa Falls Church merupakan wilayah ekonomi yang sehat,” kata Wyatt Shields, pejabat kota Falls Church seperti dikutip dari laman Forbes. “Kami bangga dengan lingkungan ekonomi yang sehat, sehingga menarik orang untuk tinggal di sini.”

Baru-baru ini, Forbes mencatat, Falls Church merupakan county –wilayah sekelas kabupaten– terkaya di Amerika Serikat. Untuk menentukan kabupaten terkaya ini, Forbes harus meneliti pendapatan rumah tangga tahunan antara 2005-2009 di setiap kabupaten. Forbes menganalisa dari laporan Sensus penduduk AS, American Community Survey. Taksiran ini menggunakan data 2009 yang telah disesuaikan dengan inflasi.

Sebenarnya Falls, tak sendiri sebagai kota terkaya di pinggiran Virgina-Washington. Sebab, empat dari 10 kabupaten terkaya berada di wilayah itu.
Dalam beberapa dekade terakhir, Virginia utara telah menjadi motor penggerak ekonomi AS. Ini didorong banyaknya sektor swasta yang tumbuh di wilayah itu.

Kota terkaya lainnya adalah Howard County Maryland. Kabupaten ini juga sebagai tempat tinggal pelobi-pelobi perusahaan, pengacara, dan konsultan, yang bekerja di dalam atau di sekitar ibukota negara. Mereka-merekalah yang menyerap pengeluaran pemerintah federal.

Seperti di Falls Church, kondisi ini menyebabkan pengangguran di Howard turun hingga menjadi 5,7 persen.
Berikut urutan kabupaten terkaya di AS, versi Forbes:

1. Falls Church City, Va. Pendapatan tahunan rata-rata rumah tangga US$ 113.313 atau sekitar Rp1,02 miliar.
2. Loudoun County, Va. (Rp1,01 miliar)
3. Fairfax County, Va. (Rp938 juta)
4. Hunterdon County, N.J. (Rp922 juta)
5. Howard County, Md. (Rp909 juta)
6. Los Alamos County, N.M. (Rp904 juta)
7. Douglas County, Colo. (Rp896 juta)
8. Morris County, N.J. (Rp867 juta)
9. Somerset County, N.J. (Rp866,1 juta)
10. Fairfax City County, Va. (Rp866 juta)

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011