Selasa, 10 Mei 2011

Khasiat Cabe Jawa


bambang-gene.blogspot.com

Nama:
Cabean, cabe alas, cabe areuy, cabe jawa, cabe sula (Jawa); Cabhi jhamo, cabe ongghu, cabe solah (Madura); ada panjang, cabai jawa, cabai panjang (Sumatera); cabia (Makasar), Piper retrofractum (Latin), Long pepper (Inggris).
Efek herbal:
Androgenik, stimulan, analgesik, dan karminatif.
Empiris:
Cabe jawa tanaman asli Indonesia dan banyak ditanam di Jawa dan Sumatera. Herbalis memakainya sebagai antipiretik, disentri, diare, lemah syahwat, tekanan darah rendah, influenza, batuk, migren, sakit kuning, demam. Pemakaian luar untuk encok dan param sesudah melahirkan.
Buahnya juga dimanfaatkan sebagai obat rematik, pegal linu, dan peluruh keringat. Akar cabe jawa untuk obat sakit gigi dan membersihkan darah dalam rahim setelah melahirkan. Penyakit lain yang bisa ditanggulangi: radang mulut, stroke, pencernaan terganggu, dan nyeri pinggang. Perempuan hamil dilarang mengkonsumsi ramuan dengan komposisi cabe jawa di dalamnya. Dalam farmakologi China disebut tumbuhan ini memiliki rasa pahit, pedas dan hangat.
Senyawa aktif:

Buah cabe jawa mengandung zat pedas piperine, resin (kavisin), asam palmitik, 1-undecylenyl-3,4-methylenedioxy benzene, piperidin, rninyak asiri, dan sesamin. Senyawa lain piperidina, asam palmitat, asam tetrahidropiperat, N-isobutyl decatrans-2 trans-4 dienamida, eikosadienamida, eikopsatrienamida, guinensina, oktadekadienamida, protein, karbohidrat, gliserida, tannin, dan kariofelina.
Resep:

1. Obat kuat
Bahan:
10 gr Cabe jawa
5 gr Kapulaga
5 gr Pulai
5 gr Sawi langit
Cara membuat:
Bahan-bahan itu dicuci bersih lalu direbus dalam 300 cc air. Setelah mendidih angkat dan saring. Sebelum diminum campurkan 1 sendok makan madu atau gula aren asli. Ramuan diminum malam hari sebelum tidur dan dihabiskan sekali minum.
2. Masuk angin
Bahan:
3 butir Cabe jawa
3/4 genggam daun mint
3/4 genggam Daun kesumba
3 jari Gula enau
Cara membuat:
Bahan-bahan tersebut dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin saring, lalu minum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.
3. Gangguan pencernaan
Buah cabe jawa kering sebanyak 5 gr ditumbuk halus. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk merata, lalu diminum sekaligus.
4. Sakit gigi
Daun cabe jawa yang segar sebanyak 5 lembar dicuci lalu ditumbuk. Seduh dengan 1/2 gelas air panas. Selagi hangat disaring, airnya dipakai untuk kumur-kumur.
5. Kejang perut
Daun cabe jawa segar sebanyak 3 lembar dicuci lalu ditumbuk. Seduh dengan 1 gelas air panas. Selagi hangat disaring. Kemudian diminum sekaligus.
.
6. Demam
Buah cabe yang kering sebanyak 3-4 g digiling halus, lalu diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Kemudian minumlah bersama ampasnya selagi hangat.

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011