Sabtu, 14 Mei 2011

Gempa 5,5 SR Mengguncang Spanyol


Petugas penyelamat mencari korban gempa bumi di Lorca, Spanyol (AP Photo/Alberto Saiz)

Gempa bumi mengguncang kawasan Spanyol bagian tenggara pada Rabu waktu setempat. Berlangsung dua kali, masing-masing bermagnitudo 4,4 SR dan 5,2 SR, gempa itu menewaskan sedikitnya sepuluh orang dan melukai puluhan lainnya.
Jumlah korban dikhawatirkan bisa bertambah. Pasalnya, hingga Kamis dini hari waktu setempat, tim penyelamat masih mencari warga yang terjebak di reruntuhan bangunan.

Menurut kantor berita Associated Press, pusat gempa terjadi di dekat Kota Lorca. Dua gempa terjadi selang waktu dua jam sehingga menghancurkan banyak bangunan.

"Saya merasakan guncangan yang kuat, diikuti oleh banyak suara ribut. Saya saat itu benar-benar sangat takut," kata warga Lorca, Juani Avellanada, yang dikutip harian El Pais.

Warga lain, Juana Ruiz, mengaku rumahnya terbelah dua setelah diguncang gempa. "Semua perabotan berjatuhan," kata Ruiz.

Ini merupakan gempa dengan jumlah korban tewas terbanyak di Spanyol dalam kurun lebih dari 50 tahun terakhir. Sebelumnya, pada 1956, gempa bumi di Granada, Spanyol, menewaskan 12 orang dan melukai 70 lainnya.

Menurut Institut Geografi Spanyol, negara itu sebenarnya dilanda 2.500 kali gempa dalam setahun. Namun, hanya sedikit yang dirasakan penduduk sekitar.
• VIVAnews

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011