Jumat, 27 Mei 2011

Jerman Memakai Lebah Untuk Memantau Kondisi Udara

Lebah, madu, dan sarangnya akan dipantau untuk mengetahui tingkat polusi
di kawasan sekitar bandara Schoenefeld, di Berlin, Jerman. (faqs.org)

Bandara internasional Schoenefeld, Berlin, Jerman, berlokasi di kawasan pedesaan di pinggiran kota tersebut. Di kawasan ini, pemerintah Jerman menggelar proyek jangka panjang untuk memantau kualitas udara. Caranya dengan mempelajari kawanan lebah lokal, berikut madu yang mereka hasilkan.

“Pemantauan terhadap madu lebah akan melengkapi sistem kontrol kualitas udara kami,” kata Jochen Heimberg, pejabat yang divisinya bertanggungjawab terhadap lingkungan di sekitar bandara tersebut, seperti dikutip harian Independent, 27 Mei 2011.

Dalam pernyataannya, Heimberg menyebutkan, selain mempelajari madu, pihaknya juga akan memantau lebah dan sarang mereka untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap seputar kondisi udara dan polusi yang terjadi.

Untuk program tersebut, para ilmuwan akan bekerjasama dengan peternak lebah lokal untuk mempelajari bagaimana pengembangan bandara Berlin-Brandenburg mempengaruhi lingkungan sekitarnya.

Sebagai informasi, bandara Schoenefeld, yang pertamakali dibuka pada tahun 1934 di kawasan tenggara kota tersebut saat ini sedang diperluas secara besar-besaran. Nantinya, bandara itu akan menjadi bandara satu-satunya di kota itu setelah bandara Tegel resmi ditutup.

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011