Rabu, 04 Mei 2011

Barcelona Masuk Final Liga Champions

F: Eric Abidal diangkat pemain Barca (daylife)
F: Eric Abidal diangkat pemain Barca (daylife)
BARCELONA – Barcelona memesan satu tempat di final Liga Champions musim ini, yang akan dimainkan di Stadion Wembley. Sukses Barca melaju ke final dipastikan usai bermain 1-1 melawan Real Madrid pada semifinal leg kedua melawan di Camp Nou, Rabu (4/5/2011). Barca unggul dengan total agregat 3-1.

Barcelona kembali menempatkan seorang Javier Mascherano sebagai defender seperti halnya laga leg pertama. Andres Iniesta yang absen pada laga sebelumnya, juga sudah kembali aktif di lapangan tengah. David Villa dan Lionel Messi menjadi ujung tombak.

Kaka dan Gonzalo Higuain dijadikan starter pada pertandingan kali ini. Sementara, Cristiano Ronaldo, Lassana Diarra, Xabi Alonso dan Angel Di Maria masih menjadi andalan di lini tengah.

Percobaan pertama Barca dilepaskan Iniesta pada menit awal babak pertama. Sayang tendangan spekulasi Iniesta ini masih terlalu lemah dan hanya melebar kiri gawang Iker Casillas. Sebaliknya, Madrid belum menemukan cara yang pas untuk membongkar pertahanan Barca.

Ricardo Carvalho terpaksa menerima kartu kuning pertama di laga ini. Defender asal Portugal tersebut mendapat kartu peringatan dari wasit usai melanggar Lionel Messi pada menit 13.

Messi sempat melakukan solo run dari lini tengah. Mendapat bola pantulan hasil sundulan Xavi yang menghalau tendangan bebas Ronaldo, Messi melakukan dribbling panjang. Hanya, Messi kalah body dari Diarra.

Sergio Busquets nyaris membuka skor di menit 22. Umpan tendangan bebas Xavi, mampu disundul Busquets dengan baik, hanya bola tepat mengarah ke tengah gawang dan bisa ditangkap Casillas.

Iker Casillas benar-benar kerja keras di babak pertama ini. Setidaknya kiper internasional Spanyol tersebut sudah melakukan empat penyelamatan, atas ancaman dari pemain tuan rumah. Pertama pada menit 32, Casillas memblok tendangan Messi. Lalu pada menit 34, Casillas menahan tendangan keras Villa, dan menit 37 kembali dia menepis tendangan Messi.

Madrid coba keluar dari tekanan dan peluang didapat pada menit 40. Umpan silang mendatar dilepaskan Ronaldo dari sisi kanan, sayang bola lebih dekat kepada Valdes, dan Di Maria kalah cepat dalam mengejar bola.

Carvalho benar-benar harus kerja keras menjaga pergerakan Messi. Kartu kuning sudah diterimanya dan dia harus berhati-hati bila tidak ingin keluar pertandingan lebih awal karena kartu merah. Skor 0-0 menjadi hasil akhir di babak pertama.

Hujan turun semakin deras di babak kedua. Baru dua menit laga berjalan, Madrid sempat menggetarkan gawang Valdes, melalui aksi Higuain. Sayang wasit menganulir gol tersebut setelah Ronaldo dianggap melakukan pelanggaran kepada Mascherano.

Gol yang dinantikan publik Camp Nou akhirnya datang pada menit 54. Sebuah gol indah diciptakan pasukan Pep Guardiola ini melalui aksi Pedro Rodriguez. Umpan terobosan matang dilepaskan Iniesta, dan Pedro lepas dari jebakan off-side sebelum menaklukan Casillas.

Real Madrid mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 63. Berawal dari pergerakan Di Maria yang menusuk di sisi kanan pertahanan Barca. Di Maria melepaskan tendangan keras namun masih membentur tiang gawang, bola memantul kembali kepadanya dan diberikan kepada Marcelo. Tanpa kesulitan Marcelo menceploskan bola ke gawang Barca.

Seusai mencetak gol, Madrid malah malah mengoleksi banyak kartu kuning. Alonso mengantongi kartu usai melanggar keras Messi. Begitu juga Marcelo yang menekel Messi. Emmanuel Adebayor juga mendapat kartu kuning setelah menarik seragam Messi.

Eric Abidal untuk kali pertamanya sejak mengalami tumor hati bisa kembali merumput. Abidal masuk di menit 89, menggantikan posisi Carlos Puyol. Kembalinya Abidal ini disambut gemuruh penonton. Tak lama berselang, wasit meniupkan peluit panjang tanda laga usai dan Abidal langsung diangkat para pemain Barca sebagai tanda perayaan suka cita.

Susunan Formasi
REAL MADRID: Casillas, Arbeloa, Carvalho, Albiol, Marcelo, Diarra, Alonso, Ronaldo, Kaka, Di Maria, Higuain
Cadangan: Dudek, Benzema, Granero, Garay, Ozil, Adebayor, Nacho

BARCELONA
: Valdes, Dani Alves, Mascherano, Pique, Puyol, Xavi, Busquets, Iniesta, Villa, Messi, Pedro
Cadangan: Olazabal, Jeffren, Keita, Afellay, Abidal, Fontas, Thiago

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011