Selasa, 03 Mei 2011

Mengenal Si Pembunuh Osama bin Laden



Tim Enam Navy SEAL (armchairgeneral.com)

Dua lusin anggota Tim Enam Navy SEAL (pasukan khusus Angkatan Laut AS) telah dibawa dalam serangan helikopter terhadap komplek bangunan yang dijaga ketat jauh di dalam wilayah Pakistan dan salah satu tembakan yang mereka lontarkan telah menembus kepala Osama bin Laden dan seketika membunuhnya.

Tim Enam (Team Six) ini berpangkalan di Dam Neck, dekat Virginia Beach di Virginia. Unit ini adalah salah satu dari 15 unit Navy SEAL, namun inilah satu-satunya tim yang keberadaannya tak pernah diketahui.

Para anggota Tim Enam ini direkrut dari sesama anggota SEAL, dalam kata lain mereka adalah yang terbaik dari yang terbaik, atau pasukan elite dalam unit elite. Tak seorang pun boleh bergabung kecuali dari SEAL sendiri.

Pasukan komando SEAL ini namanya ditarik dari kemampuan mereka beroperasi baik di laut, udara, maupun darat.

Kemampuan mereka disetarakan dengan pasukan khusus Inggris, Special Boat Service (SBS).

Namun, kalau SBS direkrut dari marinir (Royal Marine), angkatan laut dan angkatan darat Inggris, maka semua personil SEAL direkrut dari personil Angkatan Laut.

Pasukan khusus yang dibentuk di Vietnam ini kini beranggotakan 6.500 personil, yang 2.000 diantaranya terdaftar aktif dalam tugas-tugas operasi khusus di jangka waktu tertentu.

Mereka masuk dalam bagian Komando Operasi Khusus Gabungan AS (Joint Special Operations Command).

Seperti halnya dengan para sejawatnya pasukan komando Angkatan Darat AS --Delta Force-- identitas para anggota Team Enam SEAL sangat dijaga kerahasiaannya. Unit ini benar-benar diselubungi kerahasiaan.

Tim Enam SEAL dibentuk setelah operasi penyelamatan sandera AS yang gagal di Iran pada 1980. Operasi itu menyingkap kesenjangan dalam kemampuan kontraterorisme Amerika.

Pada 1987, nama kesatuan khusus ini diubah menjadi Naval Special Warfare Development Group, namun terus saja disebut dalam militer AS sebagai Team Six.

Sejak 2001, Team Six terlibat dalam perburuan sejumlah target paling berharga di Afghanistan dan Iraq.

Sejumlah anggota SEAL terbunuh dalam serangkaian operasi rahasia di Afghanistan. Identitas mereka yang gugur kemudian memang diungkapkan, namun rincian kematian mereka selalu ditutupi oleh cerita lain, bahkan kadang disebut gugur karena kecelakaan selama latihan.
Sumber: telegraph.co.uk/antara

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011