Selasa, 15 Maret 2011

Asal Usul Rasa Vanila Yang popular dan disukai


VANILLA FLAVOR – Yang popular dan disukai

Kita semua tentunya sudah pernah mengonsumsi makanan maupun minuman dengan rasa vanilla, apakah dalam produk
biskuit, wafer cream, wafer stick, egg roll, cookies, roti, kue sus bahkan kue kue basah. Minuman siap saji dalam cup dengan rasa kopi susu, cappuccino, cokelat susu, biasanya juga dicampur aroma / flavour vanilla sebagai penguat rasa ataupun penyempurna rasa, pendorong aroma/ atau perisa lain supaya lebih kuat dan lebih terasa. Dalam minuman kopi, cokelat dan susu diberikan flavor vanilla dengan dosis terukur agar minuman tersebut terasa penuh, komplet, bulat dan enak rasanya, yang biasa disebut rounded atau mouthfeel.
Asal muasal vanilla berasal dari Meksiko. Tanaman vanilla digolongkan alam Magnoliophyta, kelas dari Liliopsida dalam keluarga Anggrek, yang biasanya disebut dengan vanilla bean. Inilah yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia maupun dunia dalam bentuk bubuk vanilla atau vanilla cair. Umumnya tanaman vanilla tumbuh subur di dataran rendah dengan suhu minimal sekitar 20 derajat Celcius, terutama di negara-negara tropis. Di dunia ada empat negara terbesar pensupplai vanilla natural extract menurut ragam jenis dan asalnya :
• Mexican vanilla
• Indonesian vanilla
• Madagaskar,Bourbon vanilla
• Tahitian vanilla
Cara Pembuatan Extract Vanilla
Ekstrak biji vanilla mengandung campuran lebih dari 150 komponen organik seperti vanillin natural yang sangat mahal harganya. Kita mungkin perlu memahami apa beda vanilla dan vanillin. Vanillin adalah salah satu komponen yang terkandung dalam buah atau bunga vanilla. Umumnya yang ada di pasaran kita secara turun menurun dan dikonsumsi oleh masyarakat kita adalah vanillin artifisial, yang aromanya sangat kuat dan menusuk tajam. Sedangkan vanilla aromanya tidak terlalu keras tetapi body taste-nya kuat. Saat ada di dalam adonan kue atau biskuit terasa enak dan lembut, stabil, dan tahan lama, yang biasanya termasuk golongan Flavour Natural Identical.
Vanilla Natural harganya sangat mahal maka dibuatlah aroma yang disebut Vanilla Natural identical (vanilla flavour NI). Cara pembuatan ekstrak vanilla natural (vanilla oleoresin ) adalah sebagai berikut :
  • buah vanilla dikeringkan kemudian dipilih,
  • biji vanilla dikeluarkan dari kelopak biji vanilla dan dipotong kecil
  • potongan-potangan biji vanilla disaring lalu dimasukan ke dalam tangki berisi campuran alkohol dan air, melalui proses pendinginan supaya aroma tidak terbuang banyak dibandingkan melalui proses pemanasan
  • Dengan proses ekstrasi selama 48 jam, maka biji vanilla akan mengalami proses pelembutan, menjadi lunak berhari-hari disimpan di dalam tangki. Setelah disimpan beberapa minggu warnanya berubah menjadi coklat tua kental atau biasa disebut amber colored. Maka ekstrak vanilla siap dibotolkan, tentunya setelah disaring

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011