Kamis, 24 Maret 2011

Fenomena Sinkhole.

Sinkhole

Alam tidak pernah berhenti untuk memukau kita dengan fenomena megah seperti dijelaskan lubang di dalam tanah ini. Saya bertaruh bahwa lubang ini membuat daya tarik wisata yang sangat baik. Check out foto-foto  nyata ini dan deskripsi 9 lokasi dari lubang dunia yang paling terkenal. (Courtesy of National Geographic)


Sebuah bus parkir terperosok di sinkhole alias lubang besar yang terbuka di jalan-jalan di Lisbon, Portugal, pada tahun 2003.
"Apapun yang meningkatkan aliran air ke dalam tanah, permukaan dapat mempercepat pembentukan lubang"  .Di beberapa kota besar dunia, utilitas infrastruktur seperti rongga dalam tanah yang digunakan untuk pemasangan jalur kabel serat optik, selokan air dan material lainnya. dari waktu ke waktu dapat aus, Dalam beberapa kasus, hamparan jalan ibarat  jembatan beton berada diatas rongga kosong dibawahnya.
"Ini akhirnya tidak cukup untuk menahan berat truk berikut di atasnya," kata Gouzie.



Badai tropis hujan lebat dari Agatha mungkin memicu amblesnya tanah menjadi sebuah  lubang  besar di Guatemala pada hari Minggu 30 juni 2010, terlihat di atas beberapa hari sesudahnya.
Dalam istilah teori geologi,  terjadinya jurang  ketika air mengikis batuan dasar yang kokoh, mengukir sebuah rongga bawah tanah yang kemudian dapat runtuh. Di bagian Amerika Serikat banyak keadaan dan risiko untuk terjadinya  peristiwa semacam  ini.

The sinkhole Guatemala, Istilah yang cocok dalam arti luas untuk  mengacu pada setiap permukaan tanah yang merosot secara tiba tiba. Pastinya batuan dasar yang solid, banyak di Guatemala dan  terletak di atas lapisan longgar berongga serak batu apung vulkanik yang tebalnya ratusan kaki.


Sinkhole di Winter Park, Florida, dibuka pada tahun 1981 persis di bawah kolam renang umum di kota itu, 


Lubang ini ( dalam-56-meter ) 185-kaki-mendalam muncul pada tahun 1994 di murbei, Florida, di tumpukan bahan sampah yang dibuang oleh perusahaan pertambangan IMC-Agrico. Perusahaan pertambangan batu ini untuk mengekstrak fosfat, bahan utama untuk digunakan dalam pupuk dan bahan kimia yang  menghasilkan asam fosfat, ditambahkan untuk meningkatkan rasa soda dan berbagai makanan.

Setelah fosfat diekstraksi dari batuan, produk limbah gipsum berbasis lumpur dibuang. Lapis demi lapis limbah itu mengering dan retak seperti yang terjadi di lumpur kering. Air kemudian merembes melalui celah-celah dan terbawa material permukaan ke bawah, proses panggung membentuk jurang.


Sinkholes bisa terjadi di mana saja, air dapat mengikis saluran vertikal dan menghubungkan ke horisontal  seperti di jelaskan Missouri Negara Gouzie .
Jika lubang pembuangan dekat laut atau di laut, air laut dapat dengan cepat meresap setelah runtuh, membentuk kolam yang dalam.seperti dengan Blue Hole terkenal di Lighthouse Reef di lepas pantai Belize.



Pertambangan seng dan timah yang telah ditinggalkan Picher, Oklahoma, dekat perbatasan dengan Kansas, benar-benar penuh dengan lubang-termasuk sinkhole ini terlihat pada tahun 2008. Beberapa tambang digali terlalu dekat ke permukaan, sehingga dataran tidak mampu mendukung berat bumi di atas, yang berpontensi untuk runtuh.
"Ini telah terjadi di Missouri dan di Pennsylvania barat dari pertambangan batubara," kata Missouri Negara Gouzie.


Adventure kayaker Mick Coyne menurunkan dirinya ke dinding sebuah lubang pembuangan menuju hulu dari Jokulsa, sungai terpanjang kedua Islandia. Meskipun sungai itu adalah gletser yang mencair, kedalaman 150-kaki (45 meter), lubang berbentuk corong terbalik itu meledak karena meningkatnya ventilasi uap dari panas bumi di bawah ini.


Perenang mengapung di perairan saphirre dari cenote Ik-Kil, dekat lokasi Maya Chichen Itza di Meksiko Semenanjung Yucatán. Cenote  berarti " Alami baik". Sinkholes terjadi pada permukaan laut, air mengisi setinggi dengan permukaan air laut, menciptakan kolam biru jernih,terkenal dan digunakan oleh Maya royalti baik untuk relaksasi dan ritual pengorbanan.


Neversink Pit, sebuah sinkhole batu kapur basah di Alabama (poto diatas) tahun 1998, sekitar 50 kaki (15 meter) dalam dan menjadi rumah-rumah spesies langka .Pada 1990-an Sinkhole itu dibeli  oleh sekelompok caver dengan maksud melestarikan nya untuk generasi mendatang.
Karst adalah istilah geologi untuk lanskap yang dibentuk terutama oleh pelarutan batuan kapur atau dolomit. Di Amerika Serikat, karst mendasari bagian dari Missouri, Arkansas, Kentucky, Tennessee, Alabama utara, Texas, dan sebagian besar dari Florida. Daerah tersebut ditandai dengan menenggelamkan sungai, drainase bawah tanah, mata air besar, gua-dan, tentu saja, lubang.

Berita Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011