Kamis, 24 Maret 2011

Pembentukan Salju di Ketinggian



Hamparan salju yang berasal dari gletser..setiap musim dingin bergerak turun perlahan hingga menutupi sebagian jalan Internasional antara Argentina dan Chile.
Gumpalan es ini biasanya terputus dari gletser antara 1,5 sampai 3 meter dengan tebal 5 hingga 10 kaki.
Lebih dari 4000 meter di bawah titik beku, pada siang hari suhu matahari mulai menghaluskan es ( tidak meleleh).













Adalah Penitentes, atau penitentes Nieves ("salju penitente berbentuk", dalam bahasa Spanyol), adalah pembentukan salju yang ditemukan di ketinggian. Mereka mengambil bentuk bilah tipis tinggi salju mengeras atau es berjarak dekat dengan pisau berorientasi pada arah umum dari matahari.













Pinakel salju ini atau es tumbuh diatas semua area yang tercakup glaciated dan salju di Andes Kering di atas 4.000 m (Lliboutry 1954a, 1954b Lliboutry, Lliboutry 1965). Mereka berbagai ukuran dari beberapa cm hingga lebih dari lima meter. (Lliboutry 1965, Naruse dan Leiva 1997).

Louis Lliboutry (Spanyol: Luis Lliboutry) adalah seorang glaciologist Perancis-Chili awal, geografi dan pendaki gunung Andes. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah perjanjian luas Nieves y Glaciares de Chile: Fundamentos de glaciología diterbitkan pada tahun 1956. Lliboutry-karya terkonsentrasi ke glasiologi dari Andes Kering dan Basah Andes, khususnya di sekitar Santiago. Salah satu kontribusinya paling menonjol adalah tentang pembentukan penitentes.


Lliboutry mencatat bahwa kondisi iklim kunci untuk ablasi diferensial yang mengarah pada pembentukan penitentes adalah titik embun selalu di bawah titik beku.Dengan demikian, salju akan menghaluskan, karena sublimasi memerlukan masukan energi yang lebih tinggi daripada mencair.

Setelah proses dimulai ablasi diferensial, geometri permukaan penitente berkembang menghasilkan suatu mekanisme umpan balik positif, dan radiasi yang terperangkap oleh beberapa refleksi antara dinding. Cekungan menjadi hampir setiap benda hitam untuk radiasi, sementara angin menurun mengarah ke udara kejenuhan, peningkatan suhu titik embun dan awal mencair. Dalam puncak cara, di mana massa yang hilang hanya karena sublimasi, akan tetap, serta dinding yang curam, yang hanya mencegat minimal radiasi matahari. Dalam ablasi palung ditingkatkan, mengarah ke pertumbuhan ke bawah penitentes. Sebuah model matematis dari proses tersebut telah dikembangkan oleh Betterton (2001), meskipun proses fisik pada tahap awal pertumbuhan penitente, dari butiran salju micropenitentes, masih tetap tidak jelas. Pengaruh penitentes terhadap keseimbangan energi permukaan salju, dan karena itu efeknya pada salju mencair dan sumber daya air telah dijelaskan oleh Corripio (2003) dan Corripio dan Purves (2005).
Source inspiratif


Penitentes pertama kali diuraikan dalam literatur oleh Darwin pada tahun 1839. Pada tanggal 22 Maret 1835, ia harus menekan jalan melalui salju tercakup dalam penitentes dekat Pass Piuquenes, dalam perjalanan dari Santiago de Chile ke kota Mendoza Argentina, dan melaporkan kepercayaan lokal (terus hari ini) bahwa mereka dibentuk oleh angin kuat dari Andes.

Berita Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011