Senin, 28 Maret 2011

MotoGP : antara Indonesia dan India


Pertarungan motor kelas dunia MotoGP baru saja dimulai dari sirkuit Losail Qatar. “Indonesia” yang menjadi sporsor tim utama Yamaha dan Honda berjaya memborong empat besar. Kiprah ATPM Indonesia menjadi sponsor utama tim elit Repsol Honda Dan Petronas Yamaha seolah menasbihkan bahwa pasar motor Indonesia menjadi penting bagi pabrikan asal jepang tersebut.
Sayang kebanggaan tersebut menjadi semu, karena tidak ada satu wakilpun baik tim atau pembalap yang berkiprah langsung dalam gelaran motoGP. Tercatat hanya ada satu teknisi yang ikut menimba ilmu dari tim Honda Gresini. Fanda mekanik asal bengkel Mitramas Motor-Malang itu bisa ikut menimba ilmu berkat kemenangannya dalam kompetisi Castrol Power 1 Mechanic Contest 2010.
Doni Tata Pradipta yang beberapa tahun lalu digadang gadang menjadi calon penunggang motoGP pertama dari Indonesia gagal melanjutkan kiprahnya di kelas 250 cc dengan alasan yang tidak jelas.

Beda dengan India, saat ini mereka tengah berdebar menantikan setiap balapan motoGP karena tim pertama asal pabrikan asli India telah berkiprah di GP 125. Mahindra Racing memulai debutnya lebih baik dari debut seorang Doni Tata di gelaran motoGP. Pembalap Mahindra Danny Webb, berhasil finish urutan 16 setelah start dari urutan 23. Pembalap Mahindra Racing lainnya arcel Schrotter berada di urutan 21. Sedangkan pembalap asli india Sarath Kumar gagal mengikuti balapan setelah gagal melewati limit kualifikasi 107 %.
Sampai dengan saat ini keperdulian ATPM di Indonesia baru sebatas keperdulian mereka pada penjualan motor di Indonesia. Kabarnya Yamaha Indonesia menggelontorkan 20 juta dollar untuk tag line mereka “Semakin di Depan”. Dengan kemapuan dana promosi yang begitu besar seharusnya paling tidak satu tim moto2 bisa ikut berpartisipasi. Supaya Indonesia punya kebanggaan setara dengan partisipasi yang di tunjukkan India.
Ayo Honda dan Yamaha dimana ke-Indonesiaan-mu, tunjukkan pada bangsa ini. Semoga insan otomotif “Satu Hati” supaya kiprah Indonesia “Semakin di Depan”

Berita Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011