Kamis, 24 Maret 2011

Mengapa Amerika Disebut Negara "Paman Sam"?




Taukahkamu; Mengapa Amerika Disebut Juga Negara "Paman Sam"?


Poster yang di buat oleh James Montgomery untuk keperluan recruitmen tentara pada perang dunia pertama, dengan kalimat yang di tulis besar “I WANT YOU,” menjadi salah satu poster terkenal yang mewakili karakter yang saat itu di kenal sebagai Uncle Sam. Gambaran pertama mengenai karakter Uncle Sam muncul pada sebuah kartun politik yang terbit pada tahun 1832.

Kongres Amerika mengadopsi karakter Uncle Sam sebagai simbol nasional pada tahun1961 dan menetapkan nama Samuel Wilson di belakang timbulnya inspirasi simbol tersebut. Samuel Wilson adalah seorang bisnisman dari New York yang juga di kenal sebagai Uncle Sam, biasa menandai barang kirimannya selama perang tahun 1812 dengan inisial United States, U.S. Peristiwa ini secara kebetulan memunculkan penggunaan nama Uncle Sam untuk menyebut pemerintah Amerika.


Selanjutnya, gambaran tokoh Uncle Sam berkembang. Pada abad 20, figure uncle Sam sering di gambarkan sebagai laki-laki dengan topi tinggi, jas berekor, gambar bintang dan garis seperti pada bendera Amerika.


Gambaran profile uncle Sam sebagai seorang Yankee kurus muncul setelah pementasan drama yang berjudul The Contrast oleh Royall Tyler pada tahun 1887.


Selanjutnya karakter Uncle Sam sering di pakai untuk kartun dan poster yang menyangkut isu politik dan nasionalisme bangsa Amerika.

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011