Sabtu, 19 Maret 2011

Makan Ikan Kurangi Risiko Kebutaan


Makan Ikan Kurangi Risiko Kebutaan
Chensiyua
 
Tak hanya bikin cerdas, mengonsumsi ikan satu atau dua kali dalam seminggu ternyata dapat mengurangi risiko kerusakan penglihatan.

Sebuah studi di Inggris menunjukkan konsumsi asam lemak omega-3 dapat mencegah serangan Age-related Macular Degeneration (AMD), sebuah kondisi awal yang menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap. Penyakit yang umumnya menyerang orang yang berusia lebih dari 40 tahun ini merampas penglihatan penderitanya melalui penurunan dan kematian sel makula, bagian dari retina yang befungsi untuk melihat lurus ke depan. Kerusakan ini diawali dengan membentuk titik hitam di tengah penglihatan yang terus bertambah besar secara perlahan.

Pada penelitian yang melibatkan 38 ribu orang wanita tersebut ditemukan, mereka yang mengonsumsi ikan satu atau dua porsi dalam seminggu mampu menekan risiko kehilangan penglihatan sampai dengan 42%. Sementara wanita yang mengonsumsi ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 memiliki risiko terkena AMD 38% lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit. Studi sebelumnya yang dilakukan terhadap para lelaki juga menunjukkan hasil serupa.

Tim dari Harvard Medical School memulai studi ini ketika seluruh partisipan belum terkena AMD. Pada prosesnya, mereka diberikan kuesioner untuk menilai kebiasaan makan termasuk seberapa banyak setiap wanita itu mengonsumsi asam lemak omega-3. Sepuluh tahun kemudian, para partisipan menjalani pemeriksaan mata dengan fokus pada AMD. Hasilnya, 235 partisipan menunjukkan gejala terkena AMD.

Menurut Dr. William Christensen yang bertindak selaku ketua dalam studi itu, "Penurunan risiko  disebabkan konsumsi ikan tuna kalengan dan ikan dengan daging berwarna gelap. Daging kedua jenis ikan tersebut diketahui kaya akan asam lemak omega-3." 

Omega-3 sendiri dapat ditemui pada makanan dalam bentuk Eicosapentaenoic acid (EPA) dan Docosahexaenoic acid (DHA). (Sumber: The Telegraph)

Berita Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011