Senin, 04 Juli 2011

Kepulauan Indonesia Berbentuk Perahu

Seperti yang terlihat pada peta yang menggambarkan wilayah nusantara ini, dapat diambil berbagai macam pengetahuan dari yang bersifat ilmiah maupun filsafah. Misteri yang terkandung di dalam kepulauan Indonesia ini sangat beragam untuk diperbincangkan.

Jika diperhatikan dengan pandangan mata yang sedikit juling, disitu akan terlihat bentuk kepulauan Indonesia mirip atau menyerupai bentuk sebuah perahu. http://4.bp.blogspot.com/-QeJ5FQZyduo/Tdi0Xnj40BI/AAAAAAAABRY/y3xTkbniTfU/s1600/perahu+indonesia.jpg
Bagaimana kepulauan Indonesia ini dibahas dari bentuk perwujudannya?

Berikut beberapa gambaran tentang bentuk pulau-pulau di Indonesia:
Pulau Sumatera (andalas) sebagai haluan perahu yang terdepan dicerminkan dari orang-orang sumatera yang identik dengan karakter yang keras dan memiliki pengetahuan untuk memecahkan gelombang samudera kehidupan di Indonesia dalam hal politik dan hukum.
Pulau Jawa sebagai badan perahu (dek) dicerminkan sebagai tempat keberadaan Nahkoda dan ABK kapal yang membawa Perahu Indonesia menyeberangi samudera. Itu dapat dilihat dari pusat lembaga pemerintahaan yang berada di pulau Jawa. Dan sampai saat ini Kepala Pemerintahan masih dijabat oleh orang jawa.
Pulau Bali dan Nusa Tenggara lainnya sebagai baling-baling atau dayung yang mendorong dan menghantarkan Perahu Indonesia ke samudera luas (dunia internasional). Seperti kita tahu, pulau Bali dan Nusa Tenggara dikenal oleh dunia internasional melalui keindahan panorama dan ekosistemnya.
Pulau Kalimantan (borneo) sebagai layar Perahu Indonesia yang memiliki fungsi menjaga keseimbangan perahu di tengah-tengah kerasnya gelombang samudera. Melalui sumber daya alam yang terdapat di pulau tersebut ikut menunjang perekonomian Indonesia.
Pulau Sulawesi (selebes) sebagai tiang bendera dan Maluku sebagai bendera perahu Indonesia. Sebagai gambaran apabila kita yang berada di daratan ketika melihat perahu di tengah lautan, maka yang terlihat pertama adalah bendera dan tiang perahu. Bila ditarik dari sejarah dahulu Maluku merupakan wilayah Indonesia yang pertama kali menarik perhatian bangsa-bangsa asing untuk bisa menguasai wilayah tersebut karena memiliki “buah emas” (rempah-rempah) yang merupakan kekayaan alam Indonesia.
Pulau Irian sebagai buritan sekaligus tempat menyimpan barang-barang bawaan perahu sebagai kebutuhan-kebutuhan bagi penumpang perahu. Sebagai perwujudan pulau Irian memiliki kandungan sumber daya alam yang berlimpah baik dari segi pertambangan maupun dari segi lainnya.
Pulau-pulau kecil lainnya merupakan satu kesatuan dari badan perahu yang turut menjadikan elok dan gagahnya bahtera Indonesia. Gambaran mengenai Indonesia sebagai perahu karena Indonesia merupakan wilayah maritim yang dikelilingi samudera.
Sebagai kesimpulan wilayah kepulauan Indonesia yang berbentuk perahu merupakan kendaraan rakyat Indonesia dalam mengarungi samudera yang luas menuju kemakmuran bangsa Indonesia. Sungguh semua itu adalah tugas kita bersama sebagai penduduk “Perahu Indonesia” untuk saling menjaga agar perahu tidak karam.

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011