Jumat, 15 Juli 2011

Apakah Alexa Rank Tinggi Menunjukkan Blog Kita Berkualitas?

Apakah Alexa Rank Tinggi Menunjukkan Blog Kita Berkualitas?Semua yang punya blog ataupun situs di internet pasti udah mengenal yang namanya alexa. Apa itu Alexa? Alexa merupakan sebuah web informasi yang memberikan ranking bagi sebuah web, tampaknya bukan karena itu saja, alexa juga sangat dikenal dan diperhitungkan oleh para web surfer tidak hanya diluar seperti di Amerika namun disini juga menjadi semacam tolak ukur untuk menentukan traffic dari sebuah website.

Lalu apakah yang dimaksud dengan Alexa Rank? Alexa Rank adalah ranking yang diberikan oleh Alexa web dimana ranking tersebut berasal dari total jumlah pengunjung Unique Alexa Toolbar. Jadi Alexa itu semacam toolbar ya? Kalau boleh saya bilang sih bisa jadi semacam itu, karena kalau mau ngecek popularitas sebuah web ke webnya langsung kan agak ribet jadi Alexa membuat semacam toolbar yang memudahkan untuk pengecekan sehingga kita bisa mengetahuinya secara langsung.


Selain itu banyak faktor yang mempengaruhi Alexa dalam memberikan ranking. Jika anda menggunakan Alexa Toolbar dan terinstall pada komputer anda, toolbar tersebut akan menunjukkan ranking dari web kita maupun web lain pada waktu kita browsing maupun surfing di internet. Toolbar tersebut menunjukkan popularitas dari website yang bersangkutan.

Apakah Alexa Rank Tinggi Menunjukkan Blog Kita Berkualitas?
Terlepas dari semua itu, benarkah kalo alexa itu menjadi semacam tolak ukur untuk menentukan kualitas traffic dari sebuah website? Inilah yang masih menjadi pertanyaan di otak saya. Secara pribadi, sudah lebih dari 1 tahun saya berjuang untuk menjadi yang terbaik di alexa rank. Angka alexa yang naik turun membuat saya bisa mengambil kesimpulan tentang kebenaran semua itu, kebenaran bahwa jika memiliki alexa rank yang kecil maka kualitas traffik blog kita semakin tinggi di mata para pembaca.

Benarkah?

Dengan tegas saya menjawab: “SALAH !”

Penilaian alexa yang (kadang) hanya untuk pengguna alexa toolbar saja dalam menentukan peringkatnya membuat alexa rank menjadi "kurang" berkualitas. Ditambah lagi dengan terlihat jelasnya perbedaan antara blog yang terdaftar dan memasang alexa widget dan blog terdaftar lain yang tidak memasang widget.

Yang paling saya soroti dalam tulisan ini adalah kualitas traffic (kunjungan) ke blog. Bukan masalah toolbar atau widgetnya.

Melihat dari pengalaman pribadi selama ini, jelas sudah siapa yang paling rajin blogwalking dialah yang akan mendapatkan traffic di alexa. Traffic dari blogwalking tentu saja bukan indikator yang valid untuk traffic berkualitas. Karena para blogwalker tersebut datang hanya untuk mengisi buku tamu saja. Selesai mengisi buku tamu mereka akan beralih ke blog lain. Hmm.. apa dengan begitu blog kita bisa disebut blog yang berkualitas?

Sebagai blogger yang ingin terlihat profesional, blogwalking tiap hari ke puluhan blog atau bahkan ratusan blog merupakan hal yang lucu.

Dengan blogwalking teratur saja selama 2-3 bulan setiap hari tanpa memperhatikan kualitas traffic dan kualitas tulisan dengan mudahnya blog kamu akan mendapat rank di alexa. Bahkan blog kosong yang hanya berisi rss dan link blog lain bisa saja mendapatkan alexa rank lebih baik dari blog yang kamu tulis mati-matian dengan menghabiskan banyak waktu didepankomputer. Sekali lagi, apa dengan begitu blog kita bisa disebut blog yang berkualitas?

Jadi khusus untuk blog ( selain website atau situs resmi dan blog yang memang berkualitas) layak kiranya jika kita sebut alexa rank itu adalah ranking blogwalking. Blog dengan alexa terbaik menggambarkan administratornya merupakan blogwalker yang tangguh. Yang senantiasa menggunakan waktunya untuk loncat sana loncat sini antar blog. Sekedar mampir hanya untuk mengisi buku tamu, bahkan mereka gak melirik sama sekali ke postingan baru kamu.

Jadi apa sebenarnya kegunaan alexa? Menurut kalian sendiri, pentingkah kita memasang alexa? Bahkan tidak sedikit juga para blogger yang mengagung-agungkan alexa sebagai tolak ukur traffic diblognya.

Namun bagi saya pribadi, yang sudah melakukan riset selama ini, menyatakan bahwa ranking alexa tinggi belum tentu menunjukkan web kita memiliki traffic rank yang berkualitas.Semoga menambah wawasan kita semua

Bagaimana menurut kalian? Setuju tidak? 

Berita Terkait

1 komentar:

Hothotpop mengatakan...

Betul...! Alexa rank tidak menjamin kualitas suatu blog...saya setuju...!

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011