Senin, 04 Juli 2011

Bagaimana Ikan Mengunyah Makanan?

Ikan juga punya lidah yang membantunya mencerna makanan. Bagaimana cara kerja lidah ikan melumat makanan?


Penelitian terbaru yang dipublikasikan jurnal of Integrative and Comparative Biology menunjukkan, ikan menggunakan otot lidah untuk membolak-balik makanan sebelum memprosesnya. Lidah mengatur posisi makanan sebelum dilumat gigi.
Sama seperti manusia, semua jenis mamalia termasuk dari golongan ikan, juga menggunakan otot lidah untuk membalik makanan di dalam mulut, sehingga otot rahang bekerja lebih maksimal dalam mengunyah makanan.
“Setiap hewan mengunyah, tapi fungsi lidah mereka berbeda-beda,” ujar Nicolai Konow, peneliti postdoktoral Universitas Brown, Amerika Serikat. Pada ikan, lidah juga berfungsi membantu pernafasan.
Konow dan rekannya juga mempublikasikan hasil temuan tentang cara ikan berlidah keras dalam mengunyah makanan. Saat mengunyah, spesies ini pertama-tama menempelkan lidah di langit-langit mulutnya.
Kemudian mereka mengeluarkan otot yang disebut sternohyoid ke bawah, memasukkan lidah ke dalam, lalu ke luar lagi, dan ke atas pada posisi semula di langit-langit mulut. Jika dilihat dari kiri, ikan mengunyah makanan dengan memutar lidah searah jarum jam.

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011