Kamis, 28 Juli 2011

Inilah Rute Tim Merah Putih Menuju PD 2014


Firman Utina & Christian Gonzales

Indonesia menjadi salah satu tim Asia Tenggara yang berpeluang besar melaju ke babak 3 Pra Piala Dunia (PPD) 2014. Meski demikian, langkah Tim Garuda menuju putaran final di Brasil masih cukup jauh.

Indonesia bernasib mujur tidak perlu melewati babak pertama PPD 2014 zona Asia. Tim Merah Putih dinyatakan berhak lolos ke babak kedua tanpa bertanding setelah berada pada peringkat 6 hingga 27 di kawasan Asia.

Di fase ini, Indonesia lebih mujur dibanding Negeri Jiran, Malaysia. Pasukan Rajagobal yang berhasil mengalahkan Indonesia di final Piala AFF 2010 lalu harus melewati babak pertama karena berada di rangking 28-43 Asia.

Di babak 2, Indonesia berhasil meraih hasil imbang di leg 1 saat bertandang ke markas Turkmenistan, Sabtu 23 Juli 2011. Sempat tertinggal di awal babak pertama, Tim Merah Putih mengakhiri laga dengan skor 1-1.

Hasil ini membuat langkah Boaz Solossa cs lebih ringan di leg 2. Selain hanya butuh hasil 0-0, Indonesia juga akan tampil di hadapan publik sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Kamis, 28 Juli 2011.

Perjalanan wakil Asia Tenggara lainnya tidak semulus Indonesia. Sebut saja Thailand yang harus bertandang ke markas Palestina pada leg 2. Perjuangan Tim Gajah Putih tergolong berat karena hanya meraih kemenangan tipis 1-0 pada leg 1 yang digelar di I-Mobile Stadium, 23 Juli lalu.

Filipina justru bernasib lebih buruk. Pasukan Michael Weib kalah 0-3 dari Kuwait di leg 1. Phil Younghusband cs akan tampil sebagai tuan rumah di leg 2.

Nasib yang sama juga dialami oleh Vietnam, Laos dan Nyamnar. Ketiganya kalah di leg 1. Masing-masing 0-3 dari Qatar, 2-7 dari China dan 0-2 dari Oman. Ketiga tim akan tampil sebagai tuan rumah di leg 2.

Sementara itu, pertarungan seru justru terjadi antara sesama tim Asia Tenggara, Singapura dan Malaysia. Lewat pertarungan yang keras, tuan rumah Singapura berhasil mengalahkan Malaysia 5-3 di leg 1.

Malaysia akan menjadi tuan rumah di leg 2. Meski tergolong berat, Safee Sali cs masih punya peluang untuk lolos ke babak 3.

20 Besar
Sebanyak 15 pemenang dari babak 2 akan bergabung dengan 5 tim yang telah lolos tanpa bertanding, Jepang, Australia, Korea Selatan, Korea Utara dan Bahrain. Kelimanya adalah penghuni peringkat 1-5 dan menjadi unggulan utama Asia.

Ke-20 tim ini akan dibagi ke dalam lima grup. Undian pembagian grup akan digelar di Marina da Glória di Rio de Janeiro, Brazil pada 30 Juli 2011. Dua tim teratas masing-masing grup selanjutnya dinyatakan lolos ke babak IV.

10 tim ini akan dibagi dalam dua grup. Juara dan runner up grup akan lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2014.

Sedangkan dua tim yang berada di posisi 3 masing-masing grup akan diadu lagi. Pemenangnya akan mengikuti babak playoff dengan peringkat 4 zona Concacaf (Amerika Utara dan Tengah), atau peringkat 5 Conmebol (Amerika Selatan), atau peringkat 1 OFC (Oseania), tergantung hasil undian nanti. Pemenangnya berhak lolos ke PD 2014.

Sumber:http://bola.vivanews.com/news/read/236567-inilah-rute-tim-merah-putih-menuju-pd-2014

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011