Rabu, 22 Juni 2011

Foto Suasana Masjidil Haram



Pelataran luar mesjid bagian belakang. Di latar belakang tampak pemandangan unik nan eksotis khas kota Mekkah yang berbukit-bukit dengan gaya rumah kotak-kotak. Rumah terbawah di bagian tengah yang agak lebar adalah rumah kelahiran Rasulullah SAW. Di latar belakang tampak rombongan jamaah haji Afrika yang besar dan tegap, berjalan bak legiun tentara Romawi.



Gedung baru pe-sa'i-an dari bagian luar, sangat megah dan panjang, sekitar 700 m dari Safa (kiri) ke Marwah (ujung kanan). Saat saya disana, sedang dalam konstruksi, namun sudah bisa dipakai untuk sa'i dan sholat.

Tampak jamaah lalu-lalang dipinggir pembatas area konstruksi dan kerumunan para pekerja. Kegiatan konstruksi ini juga jadi bahan tontonan yang menarik karena memang dikerjakan dalam skala besar dan melibatkan peralatan canggih.


Tembok masif di sebelah kiri adalah batas mesjid dengan kawasan disebelah atasnya yaitu istana Raja Arab Saudi. Gedung bertingkat di belakang mesjid adalah Hotel Zamzam. Masjidil Haram tampak megah di bagian kanan, disitulah letak bukit Safa yang sudah ditutup dan dimasukkan kedalam kawasan mesjid.


Perbukitan padat rumah di bagian belakang Masjidil Haram. Pagar besi dan merah adalah batas area mesjid. Beberapa terowongan digali menerobos bukit-bukit itu untuk jalan akses keluar kawasan Masjidil haram.


Tempat minum air zamzam yang terletak di bagian pagar terluar mesjid. Lokasi ini biasanya dipakai untuk mengambil air zam-zam dalam jumlah banyak oleh para jamaah. Air dan kebersihan terus terjaga karena "dikawal" 24 jam oleh para pekerja asalah India, Bangladesh dan sesbagian kecil pekerja Indonesia. Seluruh pekerja memakai seragam bertuliskan nama perusahaan Bin Ladin Group (termasuk pekerja proyek konstruksi). Ada hubungan dengan teroris Osama Bin Laden? Wallahualam...

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011