Minggu, 19 Juni 2011

Inilah Tentang Sejarah Indomaret

Tentang sejarah indomaret diawali dari PT Indomarco Prismatama (IP), yang menjual waralaba minimarket bernama Indomaret.


Tentang Sejarah Indomaret

Diungkapkan Direktur Operasional IP Laurensius Tirta Widjaja, semua sistem operasional toko terpusat, terintegrasi, online, serta mengacu pada standar baku IP. Selanjutnya, "SOP ini harus dijalankan oleh seluruh karyawan Indomaret di setiap gerai, kantor pusat, kantor cabang, dan pusat distribusi," kata Laurensius tegas.

Menilik sejarahnya, Indomaret yang didirikan pada 1988, awalnya bukan ritel berbentuk waralaba. Konsep dan ide waralaba Indomaret lahir dari sang pemilik, pada 1995, dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan dan ekspansi usaha. Maka, pada 1997, resmilah Indomaret diwaralabakan. Namun, tidak semua gerai Indomaret diwaralabakan. Dari total gerai Indomaret yang saat ini mencapai 926, sejumlah 450 gerai merupakan waralaba. Adapun sisanya, 476 gerai, milik IP.

Sejauh ini, seluruh sistem dikerjakan penuh oleh franchisor melalui berbagai studi kelayakan dan perbandingan, serta penerapan teori manajemen ritel. "Maklum, saat itu Indomaret adalah ritel waralaba pertama di Indonesia," ujar Markus Hendarto, Manajer Senior Waraba & Pengembangan Bisnis IP. Tak hanya membuat sistemnya yang pelik, mencari investornya pun sama sulitnya. Markus mengakui, memang tak mudah meyakinkan pihak lain agar mau membeli lisensi Indomaret, mengingat saat itu belum terlihat hasilnya. Akhirnya, ia memutuskan melakukan sosialisasi ke masyarakat luas. Caranya? "Dengan melakukan road show. Saya melakukannya hingga ke daerah-daerah di Pulau Jawa," ujarnya mengenang.

Setelah mendapat investor yang bersedia menjadi franchisee mereka, tantangan lain pun membentang. Menurut Laurensius, saat itu ada kendala pada penerapan dan transfer teknologi ke para franchisee yang masih awam soal ritel. Terlebih, ketika itu banyak pihak yang menyangsikan konsep dan sistem ini dapat berjalan dengan baik. Tak tinggal diam, IP pun segera menyiapkan SOP yang berlaku umum, mudah dicerna, dan dapat diterapkan oleh semua franchisee dan karyawan operasional minimarket. SOP ini juga patut dijalankan oleh seluruh karyawan IP yang disebar di seluruh gerai Indomaret.Semoga menambah wawasan kita semua.

Berita Terkait

1 komentar:

Bambang Gène mengatakan...

link sumbernya sob

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011