Minggu, 05 Juni 2011

Tumbuhan Ini Menanam Dirinya Sendiri

Para peneliti dari University of California, Berkeley, menemukan fakta adanya benih tumbuhan yang bisa menanam dirinya sendiri. Adalah tumbuhan bernama Erodium cicutarium, yang memiliki keunikan ini.

http://media.vivanews.com/thumbs2/2011/05/31/112292_benih-tumbuhan-erodium-cicutarium_300_225.JPG


Erodium cicutarium adalah tumbuhan berbunga yang termasuk dalam family Geranium. Tanaman ini biasanya tumbuh di iklim hangat.

Benih tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan Redstem filaree ini mengubur diri dengan cara memutar. Berputar seperti bor, Redstem filaree bergerak ke bawah untuk menempatkan dirinya di tanah.

Keunikan ini pertama kali dipublikasikan dalam Journal of Experimental Biology. Dalam jurnal ilmiah itu disebut, saat buah menumbuh, bibit dalam keadaan basah. Namun ketika bibit mengering, muncul untaian bibit yang kemudian akan bergerak memutar spiral seperti bor.


Tumbuhan Ini Menanam Dirinya Sendiri
Erodium cicutarium adalah tanaman berbunga anggota family Geranium yang tumbuh di iklim hangat. Para peneliti dari University of California, Berkeley, menemukan fakta bahwa benih tanaman ini bisa menanam dirinya sendiri. Benih tanaman yang juga sering disebut Redstem filaree ini mengubur diri dengan cara memutar seperti gerakan bor. (Sumber: sciencemag.org/ Dennis Evangelista).

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011