Sabtu, 02 April 2011

Sepeda Berangka Kayu dari Audi



AUDI membuat sepeda? Itu sudah biasa. Dan pasti dalam benak Anda akan terbayang sepeda ringan terbuat dari aluminium spaceframe, material yang telah melekat pada produsen mobil dari Ingolstadt, Jerman tersebut. Eit Anda salah...Kali ini rangka sepedanya terbuat dari kayu!

Untuk membuat sepeda dengan rangka kayu, Audi merangkul Renovo Design, sebuah perusahaan yang memang terkenal sebagai pembuat sepeda dengan rangka yang terbuat dari kayu. Alhasil, Audi kini punya sepeda dengan frame monocoque terbuat dari kayu keras yang dinamai Duo.

Menurut Audi, kayu menawarkan pengendaraan terhalus dibanding material lain berkat kemampuannya yang sempurna dalam menyerap guncangan dan getaran. Yang paling mengejutkan, Audi mengatakan bahwa untuk setiap kubiknya, kayu memiliki bobot hanya seperempat bobot aluminium.

Itu artinya, sepeda lansiran Audi bersama Renovo Design lebih ringan dibanding kebanyakan rangka sepeda lainnya. Dan yang lebih penting, mereka tetap menawarkan kekuatan, daya tahan dan ketangguhan yang setara dengan rangka aluminium.

Yang paling menonjol dari rangkaian sepeda Audi Duo adalah penggerak roda yang tidak menggunakan rantai, melainkan belt drive. Selain itu, Duo juga mengusung fitur komponen terbuat dari aluminium dan serat karbon, rem cakram dan lampu penerangan LED. Material kayunya pun dipilih agar sesuai dengan interior mobil Audi.

Audi Duo ditawarkan dalam tiga varian. Audi Duo City, Duo Sport dan Duo Road yang semuanya dibuat secara hand-made alias buatan tangan yang prosesnya dikerjakan di studio Renovo di Portland, Oregon Amerika Serikat.

Seperti yang Anda duga, sepeda ini memiliki harga yang tidak murah. Untuk harga dan biaya pengiriman, Audi Duo City dibanderol US$6.530 (Rp57 jutaan), Audi Duo Sport US$7.350 (Rp64 jutaan) dan Audi Duo Road US$7.460 (Rp65 jutaan).

Berita Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011