Sabtu, 30 April 2011

"Banjarmasin Post" Raih Penghargaan Koran Terbaik Asia




Penghargaan bergengsi diraih oleh Banjarmasin Post (BPost). Koran di bawah naungan Tribun Network (Kompas Gramedia) ini menjadi juara pertama lomba desain halaman muka yang diadakan oleh World Association of Newspapers and News Publishers (WAN-IFRA) atau Asosiasi Surat Kabar dan Penerbit Berita Dunia. Cover yang menjadi kampiun se-Asia tersebut adalah edisi 7 November 2010.

Penghargaan diterima Pemimpin Redaksi BPost Yusran Pare dalam gelaran Publish Asia di Ballroom Hotel Shangri-La, Bangkok, Thailand, Kamis (28/4/2011) malam. Selain pemilik media dan jurnalis dari berbagai negara, hadir juga Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva.

Pada lomba tingkat Asia ini, BPost berhasil menyisihkan dua pesaing terkuatnya, yaitu South China Morning Post dan Kom Chad Luek Newspaper, Thailand.

WAN-IFRA adalah organisasi paling berpengaruh di bidang media. Organisasi itu mewadahi lebih dari 18.000 penerbitan, 15.000 situs media online, dan 3.000 perusahaan penerbitan di 120 negara.

Keberadaan WAN-IFRA bertujuan untuk mempertahankan dan mengembangkan kebebasan pers, kualitas jurnalisme, integritas editorial, serta pengembangan bisnis dan teknologi persuratkabaran. Mengenai misinya, untuk lebih jelas dapat dilihat di www.wan-ifra.org.

Semula WAN-IFRA adalah organisasi terpisah. WAN berdiri pada 1948, sedangkan IFRA pada 1961. Demi kemajuan surat kabar dan perusahaan penerbitan, mereka melakukan merger pada 2009.

Penghargaan yang diberikan WAN-IFRA tentunya bukan tanpa pertimbangan yang kuat. Mereka memiliki tim yang kredibel dan berkualitas, bahkan para chief executive officer (CEO) perusahaan media besar di berbagai negara menjadi pengurus organisasi tersebut. Tentunya, mereka tidak akan mempertaruhkan kredibilitas saat memutuskan pemberian penghargaan.

Bagi BPost, kemenangan tersebut melengkapi keberhasilan media yang memiliki empat "adik", yakni Metro Banjar, Serambi Ummah, www.banjarmasinpost.co.id, dan BPOST Radio, ini. Pada 2010, BPost ini juga mendapat penghargaan desain terbaik ketiga Indonesia Print Media Award 2010, di bawah saudara kandungnya, Tribun Kaltim.

BPost Group dikelola oleh Tribun Network yang membawahi media-media terkemuka di berbagai daerah, yakni Tribun Kaltim, Tribun Pontianak, Tribun Timur, Tribun Manado, Serambi Indonesia, Bangka Pos, Sriwijaya Post, Tribun Jambi, Tribun Lampung, Tribun Batam, Tribun Pekanbaru, Tribun Medan, Tribun Jabar, dan Tribun Jogja.

Berita Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011