Rabu, 20 April 2011

Burung Cuckoo 'Teror' Burung Lain Untuk Menyimpan Telurnya

Cara itu ditempuh agar burung cuckoo bisa mendekati sarang reed warbler secara leluasa.

Burung cuckoo, sejenis burung tekukur (The Independent)

Burung cuckoo (semacam burung tekukur - red) merupakan burung parasitik. Artinya, burung ini biasa menyusupkan telur anaknya ke sarang burung lain agar ditetaskan tanpa sepengetahuan si empunya sarang.
Nah, untuk bisa leluasa mengakses sarang burung lain, dalam hal ini burung reed warblers, biasanya burung cuckoo berlagak seperti seekor burung sparrow hawk alias elang Eropa pemakan burung yang lebih kecil.
Burung cuckoo memang memiliki kesamaan visual dengan burung sparrow hawk. "Kesamaan yang paling mencolok dari burung cuckoo dengan burung sparrow hawk adalah pola garis di perut mereka," ujar Justin Welbergren, peneliti dari University of Cambridge Inggris, seperti dikutip dari situs BBC.
Oleh karenanya, burung cuckoo memanfaatkan kemiripan fisiknya itu untuk meneror dan mengusir burung reed warbler agar kabur dari sarangnya. "Bila tubuh burung cuckoo tidak seperti burung elang, sepertinya burung cuckoo akan dikerubuti oleh reed warbler, ketika mendekati sarang mereka," kata Welbergen.
Cuckoo (Image: Photolibrary.com) and sparrow hawk (Image: David Kjaer/NPL)
Saat 'mengintervensi' sarang burung reed warbler, burung cuckoo akan meletakkan telur miliknya di sarang tersebut dengan leluasa. Setelah cuckoo pergi, burung reed warbler tanpa curiga akan menyangka telur itu adalah telur miliknya dan menetaskannya.
Bahkan hingga telur cuckoo menetas pun, burung reed warbler tetap akan memberinya makan, karena menganggap itu adalah anaknya. Sebuah studi terbaru juga menemukan bahwa anak burung cuckoo pun berkicau mirip seperti burung reed warbler yang baru menetas.

• VIVAnews

Berita Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by IBENKZ TRILOGY © 2011